Beberapa tips supaya tidur dengan nyenyak

Tidur adalah suatu kegiatan yang berguna untuk mengistirahatkan tubuh agar bisa segar kembali ketika bangun nanti. Tidur berkualitas adalah tidur yang nyenyak. Namun bagi sebagian orang untuk mendapatkan tidur yang berkualitas terkadang sulit untuk dicapai, maka dari itulah mengetahui cara tidur yang baik agar bisa nyenyak perlu kita ketahui supaya tubuh kita dapat segar kembali ketika bangun nanti. Dan langsung saja berikut ini beberapa cara tidur nyenyak yang bisa anda coba lakukan.

Batasi tidur disiang hari

Salah satu penyebab seseorang sulit untuk tidur atau sulit mendapatkan tidur yang nyenyak dimalam hari adalah karena berlebihan tidur disiang hari. Tidur siang yang ideal adalah setengah jam, untuk itu jika anda merasa kantuk disiang hari anda dapat melakukan hal hal lain yang berguna untuk mengusir kantuk.

Hindari olahraga berat sebelum tidur

Olahraga memang dapat menjadikan tubuh kita menjadi lelah, namun ternyata menurut penelitian olahraga juga dapat memicu seseorang menjadi lebih segar. Sehingga apabila kita berolahraga sebelum tidur dan malah menjadi tidak kantuk itu merupakan hal yang wajar, karena selain menjadikan tubuh kita lelah olahraga juga justru dapat membuat tubuh menjadi semakin segar.

Hindari makanan berat menjelang waktu tidur

Banyak anggapan jika setelah makan maka kita akan merasakan kantuk, ya hal tersebut memang benar adanya namun jika kita makan makanan berat justru dapat membuat kita sulit untuk tidur. Ya karena dengan makan makanan berat dapat menjadikan sistem pencernaan pada tubuh kita bekerja lebih keras, sehingga dapat menggangu kita untuk bisa tidur lebih nyenyak.

Hindari minuman berkafein

Mungkin hal ini sudah diketahui banyak orang jika minum minuman yang berkafein dapat menjadikan mata kita semakin segar/tidak ngantuk. Untuk itu apabila anda menginginkan agar bisa tidur dengan nyenyak maka hindarilah minum minuman berkafein sebelum tidur seperti kopi dan teh.

Hindari melakukan kegiatan ditempat tidur

Jika anda ingin tidur nyenyak maka hindarilah melakukan pekerjaan ditempat tidur, hal ini bertujuan agar kita bisa lebih fokus untuk segera tidur. Jadi jika ada pekerjaan yang belum terselesaikan maka jangan dibawa ditempat tidur.

Hindari memikirkan masalah sebelum tidur

Salah satu alasan kenapa seseorang sulit tidur dan sering terbangun dimalam hari adalah sering memikirkan masalah sebelum tidur, sehingga hal ini dapat menjadikan kita sulit tidur dan bahkan terbawa sampai tidur sehingga sering terbangun diamalam harinya. Untuk itu hindari memikirkan masalah ketika sebelum tidur, lebih fokus jika kita akan tidur dapat membuat tubuh kita terpicu untuk tidur.

Tidur nyenyak atau berkualitas dapat menjaga kita agar selalu sehat, selain itu dengan tidur yang nyenyak dan berkualitas juga dapat menguatkan daya tahan tubuh, menghilangkan stres dan tentunya menjadikan tubuh kita segar kembali ketika bangun nanti.

Tags: