Cara Merawat Bayi Perempuan Yang Harus Diketahui

mama dan bayi

Memiliki bayi perempuan pastilah adalah hal menyenangkan bagi tiap orangtua. Ibu terutama akan merasa “gatal” untuk membelikan aneka aksesoris lucu bagi putri kecilnya agar bisa tampil lebih menggemaskan. Cara merawat bayi perempuan sendiri tak jauh berbeda dari merawat bayi laki-laki. Walau demikian, ada beberapa hal yang harus jadi perhatian khusus. Berikut adalah beberapa di antaranya seperti tercantum dalam mamapapa.id.

Perawatan Bayi Perempuan Yang Baik dan Benar

lihat video :

  1. Cara merawat bayi perempuan diawali dari cara memandikan bayi yang benar. Siapkan semua kebutuhan saatbayi masih tenang atau masih tertidur. Isi air hangat dalam bak mandi. Usapkan air pada tubuh bayi secara lembut menggunakan handuk. Usap juga menggunakan sabun bayi serta pastikan sabunnya tidak mengenai mata. Angkat tubuh bayi lalu pakaikan handuk supaya tidak kedinginan. Keringkan menggunakan handuk, dan gunakan aneka produk perawatan setelah mandi seperti baby oil dan lain-lain. Kenakan pakaian pada bayi dan tutup kaki serta tangannya menggunakan sarung tangan dan kaus kaki bayi. Sisir lembut rambutnya.
  2. Langsung ganti popok bayi setelah buang air tanpa menunda. Ini penting agar tak terjadi iritasi ataupun infeksi pada organ vitalnya. Bersihkan pula selangkangannya menggunakan handuk hangat yang bersih guna mencegah iritasi. Biarkan sebentar setelah dilap supaya terkena air dan bagian kulitnya kering sehingga tidak akan iritasi.
  3. Hindari pemberian bedan di organ vital bayi. Kulit bayi masih sangat sensitif sehingga pemberian bedak bayi yang banyak mengandung bahan kimia justru bisa menyebabkannya kering. Jika pemberian bedak dilakukan secara berlebihan, maka yang dapat terjadi adalah iritasi kulit. Resiko pemberian bedak bayi juga termasuk penyakit pernafasan hingga masuk dalam sistem urin yang bisa menimbulkan infeksi.
  4. Cara merawat bayi perempuan termasuk memotong kukunya secara berkala. Kuku bayi termasuk salah satu tempat berkembangnya kotoran. Ketika bayi sudah terbiasa mengisap jempol atau jari, maka bisa saja penyakit akan masuk dalam tubuhnya. Menjaga kebersihan kuku bayi akan sangat penting supaya bisa jadi kebiasaan hingga ia dewasa.