Manfaat senam kegel untuk pria dan wanita

Senam kegel adalah salah satu senam yang dapat menjadikan otot otot bagian panggul bawah menjadi lebih kencang. Otot otot panggul bawah meliputi, otot kantong kemih, otot bagian rahim, serta otot bagian usus besar. Ada banyak manfaat apabila kita melakukan senam kegel secara rutin, namun tentunya harus dimulai secara bertahap ketika melakukannya. Jika baru pertama kali melakukan senam kegel sebaiknya dalam waktu yang sebentar saja, dan secara bertahap dapat kita tambah durasi waktu ketika melakukannya. Dan jika kita baru pertama kali melakukan senam kegel dalam waktu yang lama atau secara berlebihan maka otot panggul bagian bawah akan terasa sakit.

Untuk melakukan senam kegel kita perlu melakukanya secara bertahap dan konsiste agar mendapatkan hasil yang maksimal. Sebagian orang berfikir bahwa untuk melakukan senam kegel itu layaknya kita melakukan senam pada umumnya, padahal sebenarnya melakukan senam kegel itu tidak perlu memakai pakaian khusus, tidak memerlukan tempat khusus, dan bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Secara gampangnya senam kegel itu adalah seperti jika anda menahan buang air kecil, otot yang menahan air seni ketika anda menahan buang air kecil itulah yang dinamakan dengan otot panggul bawah. Dengan menahan buang air kecil selama 5-10 detik itu sama dengan kita melakukan senam kegel. Dengan penjelasan singkat tersebut pasti sudah ada gambaran kan senam kegel itu seperti apa?.

Inilah manfaat senam kegel untuk pria dan wanita

Meskipun senam ini dapat dilakukan dengan mudah kapanpun dan dimanapun namun dapat memberikan manfaat bagi pria maupun wanita, dan berikut beberapa manfaat senam kegel jika dilakukan secara rutin dan teratur.

Untuk wanita

Senam kegel mempunyai manfaat bagi wanita, dan terutama bagi ibu hamil. Karena dengan melakukan senam kegel secara rutin disaat mengandung/hamil maka otot panggul bawah akan menjadi lebih kuat dan elastis, sehingga dapat memperlancar ketika proses persalinan.

Untuk pria

Sedangkan untuk pria, senam kegel bermanfaat untuk meningkatkan kejantanan seorang pria. Apabila dilakukan secara rutin maka otot panggul bawah akan menjadi lebih kuat, sehingga dapat membantu dalam hal mengelola ereksi. Senam ini juga bisa menjadi salah satu cara menunda ejakulasi dini bagi kaum pria layaknya sebuah produk hajar jahanam.

Selain itu senam kegel juga berguna untuk membantu pengontrolan otot ketika buang air kecil ataupun besar. Nha itulah serta manfaat dari senam kegel yang perlu anda ketahui. Untuk melakukan senam kegel sangatlah mudah, namun meskipun mudah tidak semua orang mau untuk melakukannya. Karena untuk melakukan senam yang satu ini memerlukan diat yang besar, agar kita dapat melakukannya secara rutin dan teratur.

Tags: