MASTER SHIELD 555 SOLUSI WATERPROOFING KOLAM RENANG TEKNOLOGI JERMAN

BASF ada sejak tahun 1865, ini perusahaan Jerman, terdiri dari beberapa perusahaan dan construction chemical adalah salah satunya yang dimiliki oleh BASF” ujar Retno Murtiningsih, Assistant Manager Corporate Affairs BASF di kantornya DBS Bank Tower Ciputra Word Jakarta. Bicara waterproofing khusus kolam renang, BASF termasuk kategori market leader di tanah air. Kehadiran BASF juga menjadi angin segar bagi pertumbuhan industri waterproofing, khususnya terkait dengan kolam renang.

WATERPROOFING KOLAM RENANG

“Untuk waterproofing, range produknya banyak, mulai dari basic, middle hingga high end. Sementara kalau bicara pilihan produk, sangat tergantung dari area tempat produk kami digunakan. kami tak menyediakan satu produk untuk semua area, tapi lebih kearah material tepat guna” ujar Indrasuryo Budisantoso, Assistant Manager Waterproofing and Sealant Construction Chemical BASF di kantornya bilangan Jakarta.

Menurut Indra, jika kita bicara sistim waterproof kolam renang dengan atap maka bisa jadi berbeda material yang kita gunakan. BASF selalu lebih memprioritaskan ketepatan dalam pemilihan material, jika tidak tepat maka tidak akan menghasilkan secara optimal. “Cara kami mengedukasi market selama ini adalah dengan selalu menanyakan pada aplikator, mau mengaplikasikan produk BASF di area mana, setelah itu baru kami bisa bantu pilihkan material waterproofing yang tepat” ujar Indrasuryo Budisantoso lagi. Berbicara tentang market waterproofing, BASF memiliki dua pola business chanel, ada yang langsung ke para aplikator, dalam hal ini para mitra kontraktor kolam renang, dan ada juga yang langsung ke customer (end user).

Umumnya kebocoran pada kolam renang itu bukan dari bagian waterproofing nya, tapi justru dari celah-celah seperti perpipaannya. Jika bicara kolam renang, kita tak hanya bicara soal waterproofing saja tapi ada beberapa material pendukung lainnya yang penggunaannya sesuai dengan lokasi pemasangan material” jelas asisten manager BASF ini. BASF sendiri sudah membuat konsep produk yang sudah kita kategorikan untuk bisa dilepas ke pasar ritel. Tak hanya satu produk tapi ada beberapa range produk lainnya. “Produk-produk yang ada di BASF secara umum ada semen polymer, acrylic, liquid ,poly uretan yang dapat ekspos maupun yang non ekspos, poly uretan hybrite dan ada yang polyuria” papar Indra jelaskan jenis waterproofing BASF Ia menekankan, semua produk itu bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan spesifikasi dasarnya mau seperti apa. BASF selalu memenuhi semua kebutuhan customer melalui produkproduk unggulan, disegala kondisi dan situasi.

“Untuk garansi, pemahamannya seperti ini, kalau garansi untuk material terpasang, garansi yang paling benar adalah garansi dari si pemasang (aplikator mitra kami), kami jual produk untuk diubah ke bentuk yang lain, jadi yang bisa kita garansi adalah material yang keluar dari pabrik kita yang kita jual, itu semuanya harus sesuai dengan technical data sheet yang ada. Itu batasan garansi yang kami berikan” papar Indra panjang lebar. “Jika secara structural kolam renang sudah jadi, baru kita lapisi lapisan waterproofing nya. Kami menyebutnya semen polymer karena terdiri dari dua komponen, kompenen A adalah liquid polimer nya dan komponen B adalah bubuknya. Untuk komposisi kedua bahan itu tak boleh diubah, artinya saat pencampuran komponen A dan B tidak boleh sebagian sebagian tapi langsung dicampur jadi satu” jelasnya.

Ia tambahkan lagi, setelah pencampuran dua komponen itu, maka penggunaannya adalah melapisi semua permukaan beton kolam renang secara merata. Boleh dengan kuas atau roller. Intinya harus merata kesemua permukaan beton kolam renang. “Perlu diingat, sebelum melapisi komponen waterproofing ini, kondisi beton harus sudah dites oleh air selama 2 x 24 jam. Kolam renang yang masih berbentuk beton itu direndam air selama 2 hari dan memastikan beton tidak bocor” papar Indra lagi jelaskan prosedur pemasangan waterproofing dengan benar. ke area penampungan, termasuk kolam renang” papar Indra.

KEUNGGULAN WATERPROOFING BASF

“Apa fungsi dari elastistas permukaan waterproofing? Biasanya untuk kolam renang baru, tanahnya masih belum stabil, dan jika beton kolam renang ada keretakan rambut maka lapisan ini masih bisa megang” jelas Indra, pakar waterproofing khusus kolam renang ini. Ia menegaskan, lapisan ini hanya sebatas untuk muai susut beton, namun jika sudah rusak secara struktur maka lapisan ini sudah tidak bisa lagi berfungsi sebagai pelapis kedap air, karena betonnya sudah rusak. “Produk waterproofing kami ini sangat kami rekomendasikan untuk waterproofing semen base polymer diantara seri sebelumnya dan sejauh ini kami belum menemuan produk sejenis dari para competitor kami” papar Indra mengklaim bahwa produk ini sangat unik dan bisa diandalkan. Indra mengingatkan pada calon pembuat kolam, mengapa BASF menyarankan pemilihan material kolam renang yang tepat? Karena jika salah memilih material, saat kolam renang sudah jadi dan ada kebocoran, itu pasti harus bongkar semuanya.

Dan harganya lebih mahal dari pembuatan awalnya. “Ingat selalu bahwa pembongkaran dan renovasi itu biayanya jauh lebih mahal dari pada buat kolam renang baru. Oleh karena itu perlu kehati-hatian untuk pemilihan material yang tepat sehingga tidak menimbulan penyesalan yang berkepanjangan saat terjadi kebocoran kolam” ujar Indra lagi. Menurut Indrasuryo, Jika ada kebocoran kolam renang, harus dilihat dulu dari mana kebocorannya. Jika kolam renang itu berasal dari keretakan beton yang dia sudah tak bisa pegang akibat retak struktur maka harus ada upaya injection, bisa dari sisi bagianj dalam atau sebaliknya. “Untuk injection, ada yang menggunakan cement base, poliuretan, epoxy, tergantung areanya, apakah basah atau kering. Selama struktur beton masih oke maka kekuatan waterproofing jenis ini bisa mencapai puluhan tahun tanpa masalah. Dan lagi pula waterproofing ini sifatnya berlapis lapis hingga air sangat sulit menembus semua lapisan yang ada” papar Indra sambil menutup pembicaraan.

JAGA SIRKULASI AIR KOLAM RENANG
Selain menjaga kolam renang agar tidak bocor pada bagian tertentu, andapun diwajibkan untuk menjaga sirkulasi air agar tetap sehat, salah satunya menggunakan pompa khusus untuk kolam renang. Kolam yang seiklas tampak bersih, jika dilihat dengan alat khusus ternyata kurang bersih. Masih ada plankton-plankton yang tinggal di dasar kolam, untuk itulah anda memerlukan pompa dengan tenaga yang besar.

Agar pompa tersebut bisa bekerja dengan maksimal, sediakan pula genset untuk kolam renang dengan kapasitas yang sesuai, misalnya saja 20 kVA. Jika kolam renang yang anda miliki belum dilengkapi dengan mesin genset, segera dapatkan dengan harga terbaik di perusahaan jual genset besar di bali yang saya rekomendasikan.

Tags: