Mengajarkan anak memanah

busur panah anak

Di jaman yang serba canggih ini, anak-anak cenderung menyukai gadget untuk teman bermain mereka. Memang betul jika penting mengenalkan teknologi pada anak, tapi jika sampai kecanduan akan berakibat buruk bagi anak, terutama kesehatan mata dan mentalnya. Jika Anda bingung karena anak terlalu betah dengan gadgetnya, maka Anda bisa mengenalkan olahraga panahan kepada anak. Memanah mempunyai banyak manfaat bagi fisik dan mental, diantaranya adalah:

  1. Melatih pengendalian emosi : memanah bukan hanya soal skill, tapi juga mental si pemanah. Memanah membutuhkan kesabaran dan ketelitian dalam latihannya sehingga sangat baik untuk pengendalian emosi anak Anda.
  2. Mengasah kemampuan motorik : dengan memanah, anak akan lebih terlatih dalam mengendalikan kemampuan motoriknya, terutama bagian tangan.
  3. Melatih konsentrasi dan fokus : telah terbukti bahwa memanah dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus anak-anak. Bukan hanya anak, tapi juga orang dewasa.
  4. Menyehatkan badan : biasakan diri untuk melakukan pemanasan sebelum memanah atau anak Anda akan mudah mengalami cedera. Anda bisa mengajak si kecil untuk stretching atau jogging selama 3 menit untuk pemanasan.
  5. Menumbuhkan rasa percaya diri : memanah dapat meningkatkan rasa percaya diri anak Anda sehingga ia lebih mudah bergaul.

    Setelah mengetahui manfaat dari memanah, kini saatnya Anda memilih busur panah anak yang tepat untuk anak Anda. Sama seperti halnya memilih busur panah pada orang dewasa, busur panah anak ditentukan berdasarkan berat tarikan, panjang tarikan, jenis anak panah, dan keperluan asesoris yang akan digunakan. Jangan sepele dengan asesoris tambahan untuk anak Anda karena cukup penting demi keamanan dalam memanah.

    Harga busur panah anak biasanya berkisar antara 200 ribuan atau lebih, tergantunga pada bahan dan jenis busurnya. Untuk pemula, Anda bisa menggunakan busur panas recurve yang mudah digunakan. Konsultasikan pada pemanah senior untuk mendapatkan referensi penjual busur panah yang jujur dan berkualitas. Selalu pastikan Anda memilih busur yang tepat untuk anak sehingga ia tidak akan mengalami kesulitan teknis saat berlatih.Pastikan juga selalu mendampingi si kecil saat berlatih
    Demikianlah artikel mengenai pengenalan memanah pada anak yang singkat ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda sekeluarga.

Tags: