Tips Belajar Teknik Bermain Biola

pemain musik
pemain musik

Biola merupakan salah satu alat musik yang memiliki suara khas. Kekhasan suara biola membuat banyak orang tertarik untuk bermain alat musik ini. Cara bermain biola dapatk dikatakan gampang-gampang susah. Ketika bermain alat musik ini Anda harus bener-bener menghayati. Salah satu rahasia agar bermain biola semakin mudah ialah dengan belajar tekun dan tekad yang kuat. Kali ini kami akan bahas mengenai teknik memainkan alat musik biola dengan mudah.

Teknik Bermain Biola Secara Mudah

Biola merupakan salah satu alat musik yang dimainkan dengan cara digesek. Saat bermain biola, Anda perlu bersabar karena permainan alat musik ini memerlukan teknik dan strategi yang gampang-gampang susah. Berikut ini adalah teknik bermain bioladengan mudah.

– Teknik pertama yang harus diperhatikan dalam bermain gitar ialah cara memegang biola. Cara memegang biola yang benar yaitu dengan menyandarkan biola di bahu kemudian dagu kita menjepit biola tersebut. Posisi bahu kita agak dimajukan agar biola mudah saat dimainkan. Bagi beberapa orang yang sulit untuk menjempit biola dengan dagu, Anda dapat menggunakan shoulder rest untuk memudahkan sandaran biola.

– Teknik memegang bow perlu diperhatikan dalam bermain biola. Saat memainkan biola, perhatikan cara memegang bow.

– Menggesekan rosin pada hairbow. Hal ini bertujuan agar biola mengeluarkan suara. Pastikan saat menggesekan rosin pada hairbow, Anda telah mengencangkan bow dengan baik. Pastikan bow tidak terlalu kencang agar hairbow tak mudah putus.

– Mentunning biola secara baik dan benar. Pada dasarnya senar pada biola hampir sama dengan senar gitar. Pada saat open string, nada dasar biola yaitu senar 1 adala E, senar 2 adalah nada A, senar 3 adalah nada D, dan senar 4 adalah nada G. Anda perlu mentunning biola dengan cara menggesekan bow biola dan memutar pegs dan fine tunner. Cobalah mainkan lagu indonesia terbaik sembari belajar.

– Cara menggesek biola. Saat menggesek biola, Anda tak boleh sembarangan. Anda harus memperhatikan teknik memegang bow dengan baik dan ketepatan gesekan bipla. Pastikan saat menggesek biola posisi bow lurus. Usahakan untuk menggesek senar biola dengan pelan atau membuat satu nada dalam 8 ketukan agar dapat menstabilkan nada.

Beberapa teknik di atas adalah teknik dasar bermain biola.Bermain biola akan semakin mudah jika Anda berguru pada pemain biola yang sudah profesional. Satu hal yang perlu diperhatikan saat bermain biola yaitu bermain denga penuh kesabaran. Selain itu, Anda juga perlu menghayati nada-nada yang dimainkan saat permainan biola. Mudah bukan teknik bermain biola?