Tips Dan Trik Menghindari Bayi Muntah

gambar bayi minum asi
bayi minum asi

Kondisi tubuh yang sehat memang menjadi hal yang paling mahal dalam hidup ini. Jika tidak dijaga dengan baik tentu saja hanya akan membuat sakit tubuh. Salah satu pertanda jika kondisi tubuh tidak sedang dalam keadaan baik adalah muntah. Muntah ini ternyata tidak hanya dirasakan oleh orang dewasa namun juga bayi. Nah, Anda tentu langsung khawatir dan bingung ketika buah hati Anda muntah-mutah sepanjang hari disertai dengan gejala sakit yang lainnya. Untuk itu, penting bagi Anda untuk langsung membawa si kecil ke dokter atau rumah sakit untuk bisa mendapatkan penanganan secepat mungkin. Hal ini karena kondisi bayi lebih rentan daripada orang dewasa sehingga bisa berdampak buruk jika tidak ditangani medis dengan cepat. Setelah itu, untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan itu terjadi lagi, berikut ini akan kami sampaikan beberapa cara yang dilakukan untuk mengurangi bayi muntah.

Tips dan Cara Mengurangi Bayi Muntah

  • Mengkonsumsi asi secukupnya

Untuk menghindari kebiasaan muntah, Anda juga harus menerapkan kebiasaan kepada si kecil agar mengkonsumsi asi secukupnya saja. Karena jika tidak maka perut yang tidak kuat menampung asi akan mendorong asi tersebut keluar sehingga bayi akan muntah.

  • Menyusu dengan tenang

Penting juga bagi Anda untuk membuat tenang si kecil ketika menyusui. Selain muntah, bayi yang tergesa-gesa ketika menyusu juga akan tersendak dan sangat berbahaya bagi keselamatan si kecil.

  • Popok tidak terlalu ketat

Perilaku ini yang sering kali dilakukan oleh beberapa ibu yang belum mengetahui cara merawat bayi dengan lebih baik. Karena kondisi perut yang tertekan akan membuat si kecil muntah ketika perutnya terisi asi atau makanan yang lainnya.

  • Membiasakan posisi yang baik ketika menyusu

Posisi bayi menyusu ternyata juga menjadi faktor penting. Nah, untuk bisa mengantisipasi bayi mutah maka perhatikan dan pastikan posisi si kecil dalam keadaan tegap dengan kepala yang terangkat.

  • Jangan menggoyangkan bayi ketika menyusu

Menggoyangkan bayi ketika menyusui artinya membuat bayi bergerak dan tentu saja asi yang ada di dalam mulut akan tumpah begitu saja.